4 Prinsip Dasar dalam Pemasaran

Dalam pemasaran terdapat empat prinsip dasar yang terdiri 4 P

  • Product (produk)
  • Price (harga)
  • Place (tempat) -edit = termasuk di dalamnya adalah distribusi.
  • Promotion (promosi)

Metode ini yang dikenal dengan Bauran Pemasaran (Marketing Mix).

Dalam pemasaran terdapat empat prinsip dasar yang terdiri 4 P

  • Product (produk)
  • Price (harga)
  • Place (tempat) -edit = termasuk di dalamnya adalah distribusi.
  • Promotion (promosi)

Metode ini yang dikenal dengan Bauran Pemasaran (Marketing Mix).

Dalam perkembangannya, untuk layanan jasa dikenal juga istilah 7 P dimana 4 P pertama adalah Product, Price, Place, dan Promotion. Untuk 3 P yang selanjutnya adalah Bukti Fisik (Physical Evidence), Proses (Process) dan Orang (People).

Pemasaran lebih dipandang sebagai seni daripada ilmu, maka seorang ahli pemasaran tergantung lebih banyak pada ketrampilan pertimbangan dalam membuat kebijakan daripada berorientasi pada ilmu tertentu.

Pandangan ahli ekonomi terhadap pemasaran adalah dalam menciptakan waktu, tempat dimana produk diperlukan atau diinginkan lalu menyerahkan produk tersebut untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen (konsep pemasaran).

Metode pemasaran klasik seperti 4P di atas berlaku juga untuk pemasaran internet, meskipun di internet pemasaran dilakukan dengan banyak metode lain yang sangat sulit diimplementasikan diluar dunia internet.(Diana)

Sumber: http://tips-trik-marketing.blogspot.com



2 Responses to "4 Prinsip Dasar dalam Pemasaran"

dhadigital said...

semakin berkembang nya metode marketing, prinsip ini tetap barlaku

Gustiawan said...

Ada juga brand yang harus di jaga gan. tp 4 prinsip ini mau marketing lewat digital ato dari convensional keduanya sama.

Followers