Definisi Pemasaran

Philip Kotler defines marketing as ‘satisfying needs and wants through an exchange process’

Inti definisi pemasaran atau marketing adalah MEMUASKAN KEBUTUHAN & KEINGINAN (manusia) melalui proses pertukaran. Artinya Marketing bisa dianggap sebagai sebuah level tertinggi dalam memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia yang paling hakiki.

Philip Kotler defines marketing as ‘satisfying needs and wants through an exchange process’

Inti definisi pemasaran atau marketing adalah MEMUASKAN KEBUTUHAN & KEINGINAN (manusia) melalui proses pertukaran. Artinya Marketing bisa dianggap sebagai sebuah level tertinggi dalam memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia yang paling hakiki.

Pemasaran adalah sebuah proses dalam memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia. Jadi, segala kegiatan dalam hubungannya dalam pemuasan kebutuhan dan keinginan manusia merupakan bagian dari konsep pemasaran. Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia. Contohnya, seorang manusia membutuhkan air dalam memenuhi kebutuhan dahaganya. Jika ada segelas air maka kebutuhan dahaganya akan terpenuhi. Namun manusia tidak hanya ingin memenuhi kebutuhannya namun juga ingin memenuhi keinginannya yaitu misalnya segelas air merek Aqua yang bersih dan mudah dibawa. Maka manusia ini memilih Aqua botol yang sesuai dengan kebutuhan dalam dahaga dan sesuai dengan keinginannya yang juga mudah dibawa. Proses dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia inilah yang menjadi konsep pemasaran. Mulai dari pemenuhan produk (product), penetapan harga (price), pengiriman barang (place), dan mempromosikan barang (promotion). Seseorang yang bekerja dibidang pemasaran disebut pemasar. Pemasar ini sebaiknya memiliki pengetahuan dalam konsep dan prinsip pemasaran agar kegiatan pemasaran dapat tercapai sesuai dengan kebutuhan dan keinginan manusia terutama pihak konsumen yang dituju.Jadi, marketing adalah sebuah proses seni yang berusaha untuk membuat orang puas (konsumen puas). Jadi tujuan utama bukanlah penjualan itu sendiri (sales oriented) akan tetapi lebih kepada pemenuhan KEBUTUHAN manusia yang paling mendasar. Dengan memahami ini saja, orang-orang yang apatis atau sinis dengan Marketing akan memahami bahwa tujuan marketing sangatlah mulia. Namun mengapa di Indonesia, marketing dianggap rendah? tidak lain karena perilaku beberapa oknum yang tidak mengerti arti penting Marketing itu sendiri. Jadi, jika kita adalah seorang suami maka tugas kita juga sebagai seorang Marketer adalah memuaskan istri, jika kita sebagai karyawan yang bertugas memuaskan bos dan teman sekerja itulah Marketing…sungguh indah…jika semua orang di dunia berusaha untuk memuaskan orang lain bukan?…bukannya malah mencoba MEMUASKAN HASRAT PRIBADI semata…Semoga Sukses! (Diana)

Sumber: http://rumahbisnis.wordpress.com



0 Response to "Definisi Pemasaran"

Followers