ORI Bantu Perencanaan Keuangan Keluarga


Foto : DJPU

Jakarta - Pemerintah tengah gencar lagi menjual salah satu obligasi andalannya Obligasi Ritel Indonesia (ORI). ORI ini akan membantu perencanaan keuangan keluarga.

ORI005 yang akan diterbitkan pemerintah 2 pekan lagi pada 3 Agustus 2008 misalnya. Dengan pembayaran kupon yang diaksanakan tepat di tengah bulan yakni tanggal 15 setiap bulannya akan memberikan peluang bagi masyarakat untuk mengatur arus kas mereka melalui investasi di ORI dengan lebih baik.

Menurut Direktur Surat Berharga Negara Bhimantara Widyajala, Rabu (20/8/2008) masyarakat yang sudah bekerja di pertengahan bulan biasanya membutuhkan uang, setelah gaji yang diterima di awal atau akhir bulan sudah mulai menipis.

"Dengan demikian ORI dapat membantu perencanaan keuangan para investor agar lebih baik lagi, apalagi tenor untuk ORI005 yang 5 tahun dapat memberikan pembelajaran dan pengalaman baru bagi investor individu untuk berinvestasi dalam jangka waktu yang lebih panjang dari jangka waktu ORI seri-seri terdahulu," paparnya.

Sedangkan dari sisi Pemerintah pembayaran kupon ORI mulai dari seri ORI005 dan seri-seri selanjutnya setiap tanggal 15 akan memberikan kemudahan dari sisi administrasi karena tanggal pembayarannya sama dengan tanggal pembayaran kupon obligasi dengan bunga tetap.

"Hanya kalau ORI kupon dibayar tiap bulan kalau obligasi negara dengan bunga tetap dibayar setiap 6 bulan sekali," ujarnya

Masa penawaran ORI005 dimulai pada tanggal 19 Agustus hingga 29 Agustus 2008. ORI akan diterbitkan pada 3 September 2008 dan kupon pertama akan dibayar langsung pada 15 September dengan nilai kupon pertama yang dihitung berdasarkan hari bunga sejak tanggal penerbitan.

Selanjutnya, kupon kedua dan seterusnya dibayar penuh setiap bulan berdasarkan bunga 11,45% per tahun.
 (ddn/ir)





0 Response to "ORI Bantu Perencanaan Keuangan Keluarga"

Followers