Implementasi MYOB - 3 : Membuat File Data Baru

Implementasi MYOB - 3 : Membuat File Data Baru

Kontribusi dari A Pay
Diperbaharui : April 2008

Untuk membuat data baru anda perlu memasukkan data-data dasar yang kemungkinan telah anda punyai dalam berbagai format. Anda bisa saja melakukan input data dasar satu per satu pada data baru yang telah anda buat, tapi hal ini tentu akan memakan waktu lama dan memungkinkan terjadinya kesalahan pada saat melakukan proses input ulang tersebut. Pada bagian ini kita akan membahas bagaimana Membuat File Data Baru, Mempersiapkan data dasar untuk diimpor (Implementasi MYOB - 4) dan tahapan impor data dasar (Implementasi MYOB - 5).

Membuat File Data Baru
Langkah Awal adalah dengan membuat file data baru, adalah dengan membuka program MYOB, dan memilih create pada tampilan awal, atau anda dapat menggunakan menu File > New pada menu bar MYOB. Anda akan dipandu oleh New Data / Company File Assistant untuk dapat membangun data baru secara benar. Pilih Company Information, Maka anda akan mendapatkan layar dengan kolom Serial Number di bagian atas dan 'Company Information Section' di bawahnya. Pertama isikan Serial Number yang anda terima saat pembelian produk MYOB anda, kemudian lengkapi data perusahaan anda (nama, alamat,dll) di kolom-kolom berikutnya.Selanjutnya pilih tombol Accounting Information Maka anda akan melihat beberapa data dasar yang sangat penting dan digunakan oleh program sebagai dasar untuk mengatur periode pencatatan transaksi dan pelaporan.

Dengan keluar dari layar ini berarti anda telah menyetujui setting Tahun Buku, Bulan Konversi dan Periode Akuntansi yang akan digunakan, dan data ini tidak dapat diubah setelah program berjalan .(!!!) Setting yang dibuat akan menetapkan menetapkan tahun tertentu sebagai tahun buku berjalan, ubah untuk menyesuaikan dengan tahun buku yang anda inginkan, di bawah ini adalah keterangan tentang fungsi dari data dasar yang harus anda lengkapi pada layar ini.

- Current Financial Year adalah tahun buku berjalan (saat kita melakukan pembukuan)
- Last Month of Financial Year akan dikenali oleh program sebagai batas akhir tahun buku
- Conversion Month adalah bulan dimulainya penggunaan M.Y.O.B pada tahun buku berjalan, sehingga anda harus menyiapkan posisi keuangan bulan sebelumnya yang akan diinput sebagai Opening Balance (saldo awal) pada data perusahaan anda ini.
- Number of Accounting Period merupakan data tentang panjang periode pembukuan yang diterapkan. Selanjutnya tekan tombol Account List dan pilih I would like to build my own account dan secara otomatis MYOB ini akan membuat Chart Of Account/Daftar Perkiraan dengan jumlah account yang minimal untuk diterapkan pada bidang usaha apapun. Pilih tombol Company File, ubah nama file dengan nama yang anda inginkan untuk file baru anda, tekan Next dan File data baru anda telah siap.

2 Responses to "Implementasi MYOB - 3 : Membuat File Data Baru"

ilubis said...

Blognya bagus. Boleh nggak nanya cara membuat bbrp view. Btw mengenai artikel MYOB juga bagus, karena diulas lengkap satu persatu. kalo boleh usul gimana kalo diberi tampilan langkah2 per kasus hingga lebih mudah orang memahaminya. Tx.

Blog Admin said...

Iya,ma kasih buat sarannya. Memang utk di blog saya pasang tutorial MYOB sederhana krn sifatnya gratis. Saya ada buat yg versi lengkap disertai dgn gambar langkah2 nya tapi itu sifatnya komersil. Terima Kasih

Followers