Enterprise Resources Planning (ERP)

ERP adalah suatu jargon/sebutan tentang suatu metode pengelolaan semua sumberdaya yang dimiliki suatu lembaga, umumnya digunakan korporat besar seperti TELKOM, Pertamina dan pemerintah suatu negara. Untuk yang terakhir misalnya,
Pemerintah Singapura adalah salah satu yang mengimplementasikannya pada kementerian pertahanan dan angkatan bersenjatanya, Royal Singapore (RS) Air Force, RS Navy dan RS Army. Pengelolaan seperti ini diperlukan untuk mengetahui karakteristik operasional lembaga tersebut agar dicapai efisiensi penggunaan sumberdaya untuk mencapai suatu tujuan. ERP ini mengurusi segala sesuatu mulai dari pusat hingga cabang terkecil, dari dalam hingga lingkar terluar. Misalnya seperti SDM, kontrol keuangan, manajemen material, distribusi, maintenance dan pembiayaan.
Untuk mengetahui bagaimana Sistem ERP dapat membantu Sistem operasi bisnis , perhatikan suatu kasus kecil seperti di bawah ini:
Katakanlah suatu perusahaan menerima order untuk 100 unit Produk A. Sistem ERP akan membantu menghitung jumlah barang yang dapat diproduksi berdasarkan segala keterbatasan sumber daya yang ada saat ini.
Apabila sumber daya tersebut tidak mencukupi, Sistem ERP dapat menghitung berapa lagi sumberdaya yang diperlukan, sekaligus membantu dalam proses pengadaannya. Ketika hendak mendistribusikan hasil produksi, Sistem ERP juga dapat menentukan cara pemuatan dan pengangkutan yang optimal kepada tujuan yang ditentukan pelanggan. Dalam proses ini, tentunya segala aspek yang berhubungan dengan keuangan akan tercatat dalam Sistem ERP tersebut termasuk menghitung berapa biaya produksi dari 100 unit tersebut.
Salah satu aplikasi untuk mengimplementasikan ERP ini adalah SAP. Instance SAP sangat banyak, bahkan hingga ratusan. Penggunaan SAP ini menjamin transparansi dan profesionalisme lembaga. Sistem seperti ini meminimalisir tidak kejahatan korupsi dan manipulasi. Kelemahan SAP ini adalah lambat, rumit dan mahal. Tetapi memiliki fitur yang lengkap sehingga tepat digunakan untuk monitoring.
SAP Instance
Pada implementasinya di suatu perusahaan besar, minimal satu landscape. Sebuah landscape ini bias terdiri dari dua hingga tiga buah system. Satu sistem untuk development, satu lagi untuk quality assurance dan yang terakhir untuk produksi. Real user transaction adanya di production, data dan transaksi disini termasuk penting karena merupakan sesuatu yang fixed sehingga tidak boleh dilakukan eksperimen dan pengujian. Berbeda dengan yang di development dan QA. Apapun yg tidak lolos di QA tidak boleh masuk produsi sebelum diperbaiki dan diuji lagi. Secara umum data produksi sangat rahasia. Satu sistem produksi biasanya lagi terdiri dari satu atau beberapa SAP INSTANCE untuk keperluan load balancing yg berdasarkan departemen (bisa jg group, wilayah, negara, dll).
Ada juga suatu perusahaan menggunakan beberapa lanscape. Tidak jarang satu landscape digunakan beberapa perusahaan (anak perusahaan). Sehingga datanya menjadi terpusat dan pusat manajemen bisa melihat data penting di cabang terluar yang mungkin bahkan di tempat yg sangat jauh , katanlah luar negeri .
Adapun SAP adalah bukan aplikasi utama yang digunakan sebagai solusi. Karena mempunyai lisensi mahal, harus diperhitungkan juga untung rugi, inefisiensi dan biayanya bila akan menggunakan SAP. Adapun aplikasi mirip SAP ini juga bisa dikembangkan sendiri dan disesuaikan dengan kondisi implementatornya. Hal ini memunginkan karena SAP terdiri dari banyak (gabungan) teknologi. Katakanlah basisdata/sistem informasi, web service, sistem terdistribusi, jaringan computer, serta banyak teknologi informasi lainnya. [D]
Keterangan :
instance adalah sekumpulan process (beberapa work process) yang bekerja sama melayani satu host dan port server/services tertentu.
Aplikasi ERP yg opensource dapat didownload disini :
- http://switch.dl.sourceforge.net/sourceforge/compiere/Compiere_300.tar.gz
- http://ufpr.dl.sourceforge.net/sourceforge/compiere/CompiereSybase.zip
Sumber : http://safari-pptik.ugm.ac.id/?p=159




0 Response to "Enterprise Resources Planning (ERP)"

Followers