About Me

Tips Jitu Melunasi Kartu Kredit

Posted on
  • Monday, September 01, 2008
  • by
  • Dwi Wahyudi, SE
  • in
  • Category :
  • Bagi sebagian orang kartu kredit (credit card) merupakan kartu plastik yang harus dimiliki untuk dijadikan alat pembayaran saat darurat seperti saat harus ke rumah sakit di tengah malam buta, saat tak menemukan money changer ketika berada di luar negeri, untuk membeli tiket pesawat secara online, dan lain sebagainya.

    Bagi sebagian orang kartu kredit (credit card) merupakan kartu plastik yang harus dimiliki untuk dijadikan alat pembayaran saat darurat seperti saat harus ke rumah sakit di tengah malam buta, saat tak menemukan money changer ketika berada di luar negeri, untuk membeli tiket pesawat secara online, dan lain sebagainya.

    Bisa dibilang, kartu plastik ini merupakan salah satu alat pembayaran yang paling universal karena tak harus ditukar di money changer. Kapan pun di mana pun Anda bisa menggunakannya.

    Sayangnya banyak di antara pengguna kartu kredit yang terjebak dalam pemakaiannya. Bahkan tidak sedikit yang penggunaannya sudah melewati batas kredit yang diberikan oleh pihak bank.

    Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk melunasi tagihan kartu kredit setiap bulannya:

    1. Selalu membayar lunas setiap tagihan yang ditagihkan oleh pihak bank.

    Dengan begitu Anda tak akan terkena bunga. Jika kondisi keuangan tak memungkinkan untuk melunasi jumlah tagihan, bayar tagihan lebih dari batas minimum pembayaran. Namun sebaiknya tidak lebih dari 30% penghasilan bulanan Anda. Intinya, hutang harus dibuat makin kecil dan makin kecil. Jika Anda memiliki lebih dari 1 kartu kredit, pembayaran terbanyak digunakan untuk membayar tagihan dari bank yang membebankan suku bunga kreditnya paling besar.

    2. Cari hutangan baru dengan bunga yang lebih kecil untuk menutupi hutangan pada kartu kredit yang bunganya cukup besar.

    Biasanya ada beberapa bank yang menawarkan jasa pemindahan saldo hutang dengan suku bunga yang lebih kecil. Di sini Anda bisa memindahkan saldo hutang kartu kredit Anda kepada bank tersebut, dan untuk selanjutnya Anda cukup membayar tagihan itu dengan suku bunga yang lebih rendah dibanding suku bunga pada kartu kredit Anda.

    Jika tagihan kartu kredit Anda sudah lunas, mulailah atur pemakaian hanya pada saat kepepet atau darurat saja. Jadi, kembalikan fungsi kartu kredit sebagai pengganti alat pembayaran yang sah, bukan sebagai alat pembayaran utama.(Diana)

    Sumber : Klasika Kompas 2 April 2008

    0 comment: