Workshop Zahir Accounting di Pontianak Berjalan Sukses

Alhamdulillah, mungkin itu kata pertama yang aku ucapkan ketika kegiatan Workshop Implementasi Sistem Komputer Akuntansi dengan Zahir Accounting telah berjalan lancar selama 2 hari dari tanggal 27-28 Agustus 2008 di Gedung Labkom Akuntansi Lantai II Politeknik Negeri Pontianak.

Selaku pemberi ide kegiatan sekaligus ketua pelaksana kegiatan, aku dengan berbekalkan modal nekat dengan anggaran dan jumlah panitia yang minim mencoba untuk menyelenggarakan kegiatan ini. Dan alhamdulillah kegiatan ini bisa sukses dengan jumlah peserta yang mengikuti  sekitar 20 orang yang terdiri dari kalangan pelaku UKM, mahasiswa, dan umum.

Mungkin untuk di Kalimantan Barat, kegiatan workshop seperti ini merupakan kali pertama diselenggarakan. Ya menurutku sih wajar saja karena rata-rata SDM di Kalimantan Barat masih belum terlalu paham dan mengerti mengenai perkembangan sistem informasi dan teknologi. Selain itu, kesadaran para pelaku UKM mengenai pentingnya akuntansi demi kelancaran usaha mereka juga masih rendah.

Yang menjadi masalah sekarang adalah selama ini tidak ada orang yang mau mencoba untuk mengubah itu. Prinsip aku adalah jika tidak kita ubah dari sekarang, kapan lagi kita bisa maju dan berkembang dan selamanya kita akan selalu tertinggal dengan daerah lain. Hal ini bertolak belakang jika kita mencari di Google berita mengenai Pelatihan Komputer Akuntansi buat UKM, untuk daerah-daerah diluar Kalimantan seperti Jawa dan Sumatera kegiatan-kegiatan pelatihan seperti ini banyak diselenggarakan oleh berbagai pihak.

Pada awalnya, kemungkinan untuk terselenggaranya kegiatan ini sangat kecil karena dari proposal-proposal yang disebarkan hanya beberapa aja yang kembali dan itu tidak semuanya ada memberikan bantuan. Syukur aku bisa menggandeng Ikatan Alumni Mahasiswa Akuntansi Universitas Tanjungpura sebagai bendera pelaksana, Yayasan Mahendra Adji Saroyo (MAS) sebagai partner yang mewadahi UKM-UKM di Kota Pontianak, dan Politeknik Negeri Pontianak yang telah memberikan fasilitas berupa ruangan labkom akuntansi yang terletak di lantai II gedung utama Politeknik Negeri Pontianak sehingga biaya yang pada awalnya dianggarkan lumayan besar bisa ditekan menjadi minimal.

Ya bagi aku kegiatan workshop ini merupakan langkah awal yang untuk kedepannya Insya Allah akan ada kegiatan-kegiatan yang serupa. Tidak lupa aku ucapkan terima kasih buat semua pihak yang telah mendukung terlaksananya kegiatan workshop ini. 

1 Response to "Workshop Zahir Accounting di Pontianak Berjalan Sukses"

Muhamad Ismail said...

Selamat buat Pak Wahyudi, semoga acara seperti ini semakin sering dibuat untuk memajukan UKM Indonesia.

Salam Hangat
Muhamad Ismail
Zahir Accounting

Followers