Compiere, Open Source ERP No. 1 atau sebuah Java Framework

Compiere adalah salah satu dari ERP yang Open Source yang sangat memungkinkan untuk diimplementasikan didalam perusahaan terutama perusahaan distribusi, membuat Compiere menjadi pilihan yang populer diseluruh dunia. Lilian Too yang merupakan pakar fengshui menggunakan sistem ini untuk distribusi semua produk fengshuinya, keseluruh dunia, menggabungkan teknologi Compiere versi HTML dan Compiere versi Desktop, Bulog Malaysia menggunakan Compiere untuk implementasi beras di Malaysia, belum lagi beberapa perusahaan di Indonesia, malah ada yang manufacturing menggunakannya.

Fitur Compiere mulai dari Inventory Management, Purchasing, Sales Order, Account Payable, Account Receivable dan General Ledger sebagai fondasi, dan kemampuan multi currency, multi company dan multi language, membuat Compiere sangat cocok bagi perusahaan-perusahaan berbentuk group of companies, dimana hal ini sangat lazim di Indonesia. Serta module Compiere, bagi mereka yang hendak memasukan fitur MRP atau CRP kedalam Compiere, cukup lengkap untuk sebuah solusi Open Source.

Kemampuan Compiere yang memungkinkan untuk dibongkar-pasang, serta di customization atau malah dimiliki, terutama membundle untuk solusi franchise, membuat Compiere mungkin satu-satunya ERP yang memposisikan dipasar ini. Maklum, ERP lainnya terutama yang kelas dunia, bangga dengan solusi bisnis processnya yang kelas dunia, sehingga perusahaan harus mengadopsinya, tidak ada kompromi tentu saja. Kalaupun bisa dikustomisasi, sangat mahal investasinya, dan terkadang menggunakan teknologi tertutup.

Compiere yang dikembangkan menggunakan teknologi Java, dan mengusung arsitektur MDA (Model Driven Archivecture), membuat secara Software Engineering, Compiere merupakan teknologi yang maju sekali, karena memungkinkan pengembangan aplikasi diatas Compiere, tanpa perlu programmer Java. Ini juga positioning yang baru bagi pasar aplikasi integrasi, jadi kalau ingin buat aplikasi bisnis cepat, pakailah Compiere, tidak ada satu hari untuk membuat sebuah form PO dengan reportnya.

Dengan 2 kelebihan utama diatas, dan dengan sistem keamanan dari module-modulenya yang modular, memungkinkan Compiere juga dianggap sebagai sebuah framework pengembangan, artinya kita dapat membuang semua kemampuan ERPnya, lalu kita mengembangkan module dari nol, dengan hanya mengadopsi arsitektur keamanan modulenya. Solusi ini sebenarnya cara
paling mudah bagi mereka yang ingin mengembangkan aplikasi desktop atau web, tetapi resource kurang, atau kemampuan Javanya kurang, atau team Java didalam perusahaanya kurang. Posisi ini sebenarnya Compiere melawan Netbeans RCP atau Eclipse RCP, dimana Netbeans dikembangkan oleh Sun, dan Eclipse RCP diinitialisasi oleh IBM.

Compiere, selain stabil, security dan user managementnya sangat bagus, dan malah bisa dibandingkan dengan security dari ERP kelas dunia, dimana di Netbeans dan Eclipse, fitur ini masih impian. Bagi mereka yang pernah memakai ERP kelas wahid, coba deh, Anda pasti kaget, atau bagi mereka yang sering membuat aplikasi, bandingkan user managementnya, pasti ikuta
kaget juga.

Positioning Compiere yang sedemikan khas, dan Open Source, serta kemampuan direbranding, dapat dianggap sebagai Platform baru didunia bisnis.

Berani Mencoba? Tidak ada salahnya mencoba barang gratis yang kelas dunia, sebelum membeli ERP bukan, atau mencoba sebelum membuat aplikasi. Compiere jalan disemua sistem operasi terkenal diantaranya Solaris, Linux, Unix, AIX, AS/400 dan tentu saja Windows.

1 Response to "Compiere, Open Source ERP No. 1 atau sebuah Java Framework"

cafetechno said...

Sepertinya terlalu berlebihan jika disebutkan ERP. no. 1, Dalam skala bisnis Enterprises perlu dipertimbangkan faktor-faktor khusus yang sering timbul akibat kebijakan management yang khusus, yang nota bene sangat berbeda antara satu coorporate dengan coorporate lainya. Tidak akan pernah ada Perusahaan skala enterprises yang sifatnya generik. tapi ya patut diakui bahwa compiere memang hebat ...

Followers