Bagaimana Cara Ngirit Pulsa Waktu Akses E-Mail ?

Bagaimana Cara Ngirit Pulsa Waktu Akses E-Mail ?

E-mail tampaknya sudah mulai terasa oleh banyak teman sebagai media yang paling ampuh untuk berinteraksi secara murah media di Internet. Bahkan e-mail memungkinkan komunikasi yang jauh lebih murah di bandingkan dengan chatting yang bayarnya jam-jam-an hanya untuk berkomunikasi dengan segelintir orang di Internet.

Dengan e-mail memungkinkan kita untuk berkomunikasi dengan banyak orang sekaligus melalui fasilitas mailing list tanpa perlu pusing oleh lamanya pulsa. Pada kesempatan ini saya menggunakan Microsoft Outlook Express sebagai contoh. Untuk perangkat lunak e-mail yang lain seperti Eudora, Microsoft Outlook dll prinsip-nya sama hanya mungkin lokasi & tampilan setup-nya akan lain.

Prinsip yang paling mendasar pada akses e-mail adalah sambungan ke Internet & pulsa telkom hanya dibutuhkan pada saat kita (1) mengirimkan e-mail ke Internet dan (2) mengambil e-mail dari server mail di ISP. Selain dari ke dua hal itu, seperti membaca e-mail, menulis e-mail, menyimpan e-mail ke disk dll semua-nya dapat dilakukan tanpa perlu menyambungkan PC kita ke Internet. Bagi pengguna Internet biasa (seperti istri saya) hanya dibutuhkan sekitar 5-15 menit / hari sambungan ke Internet untuk mengirim & mengambil (send & receive) mail dari Internet. Artinya hanya dibutuhkan sekitar Rp. 750-2500 / hari untuk telkom + ISP-nya.

Supaya sambungan Internet langsung putus secara otomatis setelah semua mail di kirim ke Internet dan mail di server di ambil, yang perlu kita lakukan adalah meng-click "Hang up after sending and receiving" lokasinya ada pada Tools ' Options ' Connection. Tampak pada gambar adalah tampilan option tersebut.

Dengan cara demikian setiap kali kita menekan tombol send-receive maka hubungan Internet akan terputus secara otomatis setelah semua transaksi pengiriman & penerimaan e-mail dilakukan.

 
Sumber : Dr. Onno W Purbo

3 Responses to "Bagaimana Cara Ngirit Pulsa Waktu Akses E-Mail ?"

W|zNu said...

Kalo koneksinya pake HP gimana ada cara ngakalin nya gak ya :D

Anonymous said...

Ato, langganan aja bulanan yang unlimited... anytime.

Blog Admin said...

Maaf mas,saya g punya referensi utk koneksi via HP. Trims

Followers