Implementasi MYOB - 1 : Instalasi

Implementasi MYOB - 1 : Instalasi

Kontribusi dari A Pay
Diperbaharui : April 2008

Langkah-langkah Instalasi
Proses instalasi program MYOB Premier ini tidak banyak berbeda dengan langkah-langkah yang harus dilakukan pada saat anda melakukan proses instalasi program lainnya. Hal khusus yang perlu diperhatikan dalam proses instalasi ini adalah opsi tipe instalasi dan pilihan fitur tambahan yang perlu diinstal.

Memulai Proses Instalasi
Langkah pertama setelah anda memasukkan CD Instalasi adalah menjalankan file Setup.exe.
Layar pertama yang muncul memperingatkan anda untuk menutup program-program lain yang sedang berjalan, karena secara otomatis MYOB akan me-restart komputer anda setelah proses instalasi selesai, yang akan diinformasikan pada layar berikutnya setelah anda menekan tombol Next.
Tekan tombol Yes pada layar berikutnya (Reboot Warning) dan anda akan menjumpai layar Software License Agreement dan dengan menekan tombol Accept berarti anda telah menerima seluruh persyaratan pada perjanjian tersebut dan melanjutkan proses instalasi MYOB.

Memilih Tipe Instalasi
Layar berikutnya akan memberikan pilihan tipe instalasi. Pilih tipe instalasi Custom untuk memberi keleluasaan dalam menentukan kelengkapan program yang akan diinstal di masing-masing komputer.

Fitur Pilihan
Dengan memilih tipe Custom pada layar tipe instalasi, maka anda akan mendapatkan layar pilihan kelengkapan fitur yang akan diinstal.
Pilihan Custom Forms akan memberikan anda beberapa format form standar (mis.: PO dan Invoice/Faktur) yang kemudian dapat anda jadikan template untuk membuat format form lain yang lebih spesifik.

Sample Data File, adalah file contoh data perusahaan (mis. Clearwater).

Optimisation Assistant, merupakan fitur tambahan yang berguna untuk melakukan optimalisasi dan perbaikan struktur database MYOB. Fitur tambahan ini dapat anda gunakan untuk mengatasi kerusakan yang menyebabkan data tidak dapat di akses oleh program MYOB, juga dapat melakukan perbaikan struktur database sehingga anda akan mendapatkan kecepatan akses yang optimal.

Conversion Assistant, memberikan anda alat untuk melakukan upgrade terhadap data MYOB dari versi-versi sebelumnya sehingga dapat di akses dan oleh MYOB Premier versi yang anda install.

Office Link Templates, merupakan fasilitas yang memungkinkan pengguna MYOB memanfaatkan program Microsoft Words dan Excel (dan juga Wordperfect bagi penggunanya) untuk menampilkan laporan (spreadsheet) dan surat standar (*.doc) secara langsung dari program MYOB, sehingga pengguna dapat melakukan editing dan melakukan format tampilan terhadap laporan secara lebih mudah, sebelum menyimpan atau mencetaknya.
Untuk instalasi pada Komputer Administrator Database/Jaringan dan Server anda dapat memilih seluruh kelengkapan fitur seperti dijelaskan di atas, yang disediakan oleh MYOB. Pada komputer pengguna lainnya anda dapat memilih untuk tidak menyertakan Optimisation Assistant dan Conversion Assistant untuk menghindari kesalahan penggunaan.

Office Link
Dengan tombol Next dari layar pilihan kelengkapan program, anda akan membuka layar Office Link. Program Instalasi ini akan secara otomatis mengidentifikasi program-program pendamping yang dapat di-Link dengan program MYOB, Program Instalasi secara otomatis menampilkan program Microsoft Word
dan Excel yang dapat di-link dengan program MYOB.
Dengan tidak menghilangkan tick mark pada program yang telah teridentifikasi, maka MYOB akan membuat Link File yang dibutuhkan oleh masing-masing program sesuai dengan versi yang teridentifikasi. Penggantian versi program (Words/Excel) setelah proses instalasi akan menyebabkan Link File tidak dapat berfungsi untuk
memanggil program pendamping yang diinginkan, dan untuk mengatasinya anda harus melakukan instalasi ulang program MYOB.

Menyelesaikan Proses Instalasi
Dari layar Office Link dengan menekan tombol Next anda akan melihat Setting Instalasi yang telah dipilih seperti terlihat pada gambar di samping, dan langkah selanjutnya proses instalasi (copy dan setup) akan berjalan, dan dengan menekan tombol Finish pada akhir proses, maka komputer anda secara otomatis akan melakukan Reboot.
Fitur LainnyaSelain fitur-fitur tambahan seperti yang telah disebutkan di atas sebenarnya pada proses instalasi, MYOB juga menyertakan beberapa program tambahan lainnya, antara lain :

MYOB ODBC, merupakan program yang akan anda butuhkan bila anda ingin memberikan akses bagi perangkat lunak lain (secara Read Only untuk MYOB Premier V7 ke bawah, fungsi ReadWrite baru bisa dilakukan melalui MYOB Versi 8.x dan versi selanjutnya) ke Database MYOB melalui ODBC Data Source (Menggunakan DSN ataupun tidak) dengan memanfaatkan konektifitas antar database yang telah disediakan dalam Sistem Operasi Windows.
Untuk memanfaatkannya anda diharuskan memiliki Nomor Registrasi dan Lock Code untuk mendapatkan Unlock Key yang dibutuhkan untuk mendapatkan akses ke Database MYOB.

Templates Upgrade Assistant, merupakan program tambahan yang bisa anda gunakan untuk meng-upgrade template dokumen (edited forms), laporan dan surat standar yang telah anda buat dengan menggunakan program MYOB versi-versi sebelumnya, sehingga dapat digunakan pada program MYOB Premier Versi yang berjalan.
BASLink dan M-Powered Import Assistant (Untuk versi Australia), belum dapat digunakan karena belum adanya sarana pendukung yang dibutuhkan untuk menggunakan kedua fasilitas tersebut di Indonesia.

0 Response to "Implementasi MYOB - 1 : Instalasi"

Followers