Inovasi Software untuk UKM

Inovasi Software untuk UKM

UKM memiliki posisi yang penting dalam kancah perekonomian nasional, karena kontribusinya dalam penyerapan tenaga kerja dan Pendapatan Domestik Bruto (PDB), serta fleksibilitas dan ketangguhannya dalam menghadapi krisis ekonomi yang berkepanjangan.UKM juga merupakan pelaku ekonomi yang strategis mengingat jumlahnya yang mencapai 99,95% dari total di Indonesia.

Sisi lain, UKM belum mampu mencapai daya saing yang optimal dalam persaingan global. Karakteristik UKM yang sebagian merupakan unit usaha dengan sistem tradisional belum menerapkan sistem informasi yang efektif dan efisien. Kondisi ini mengakibatkan rendahnya kemampuan UKM dalam mengelola bisnis dan rendahnya penyerapan terhadap peluang usaha. Beberapa contoh yang dapat di kemukakan adalah kesinambungan produksi dan kualitasnya, pengendalian aktiva dalam mendukung operasional perusahaan dan memenuhi kewajiban serta proyeksi anggaran.

Sistem akuntansi merupakan sub sistem informasi yang mendasar, utama dan mampu memberikan kontribusi yang besar bagi peningkatan daya saing suatu organisasi. Beberapa contoh diatas adalah kegiatan yang dapat di akomodir oleh suatu sistem akuntasi. Dalam hubungannya dengan UKM, pertanyaan yang mendasar adalah ”bagaimana desain dan implimentasi sistem akuntasi yang tepat bagi UKM Indonesia yang notabene nya bersifat tradisional, dan terkendala dalam hal pendanaan ?”

Alternatif menjawab pertanyaan diatas adalah kehadiran aplikasi sistem informasi akuntasi yang inovatif, tepat guna, murah dan mampu mengakomodir kebutuhan-kebutuhan UKM baik dari segi desain, implimetasi, maupun pengadaan software tersebut. Dan terpenting software tersebut mampu mendorong kemampuan organisasi bisnis UKM untuk meningkatkan daya saingnya sebagai bagian dari organisasi bisnis global.

Saat ini, kami telah memililki accounting software untuk UKM yang kami sebut sebagai Exbiss (extended Business Information System). Saat ini exbiss sudah memiliki modul dasar yaitu : Purchase Modul, Sales Modul, Account Receivable dan Account Payable.

Selanjutnya untuk mencapai tujuan yang diharapkan maka perlu inovasi terhadap produk tersebut, dengan melaksanakan hal-hal berikut :

1. Generaliasi Exbiss sehingga dapat di pakai oleh berbagai jenis UKM sebanyak mungkin.
2. Penambahan featur Exbiss dengan modul untuk melakukan analisa dalam perencanaan dan pengendalian
3. Peningkatan teknologi Exbiss untuk medukung UKM dalam dunia e-commerce, antara lain automatic e-mail sending and reply untuk mendukung proses pembelian dan penjualan, dan elektronic document untuk kebutuhan pemasaran dan pertukaran informasi bisnis lainnya, yang terintegrasi dengan dengan automatic e-mail sending an reply.
4. Peningkatan desain sehingga lebih mudah dan user frendly
5. Proses standarisasi dalam pengembangan dan implimentasi Exbiss
6. Beberapa pengembangan lain yang di harapkan muncul seiring dengan berjalannya inovasi terhadap Exbiss

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal terhadap perkembangan dan penggunaan Exbiss setelah masa inovosi (Selanjutnya disebut Exbiss Inovatif Version) maka stategi yang dilakukan adalah publikasi dan penerapan teknologi open source bagi Exbiss Inovatif Version. Dengan keterbukaan maka perkembangan dan tingkat implimentasi dari Exbiss Inovatif Version di kalangan UKM diharapkan mencapai tingkat yang maksimal, sehingga mampu mendorong pemanfaatan teknologi informasi bagi UKM.

Dengan peningkatan kemampuan sistem manajemen UKM untuk melaksanakan fungsi manajerial secara lebih efektif dan effisien, memberi instrument UKM untuk mampu merebut pasar yang lebih luas pada pasar global, dan mendukung sistem operasi menjadi lebih efektif dan mudah, efektivitas kemampuan majemen dalam perencanaan dan pengendalian.

Kehadiran Exbiss sebagai alternatif pendukung sistem informasi manajamen bagi UKM dengan teknologi terbuka, menjadi trigger bagi perkembangan teknologi pendukung untuk UKM.

Dampak yang dominan terhadap kehadiran exbiss adalah dukungan proses otomasi bagi UKM, mempercepat pangambilan keputusan dengan ketersediaan informasi yang akurat, relevance, dan tepat waktu. Secara umum aplikasi ini akan memungkinkan pengguna untuk melakukan analisa-analisa yang diperlukan. Hasil analisa, monitoring maupun pencatatan atas kegiatan ini dapat dipertukarkan dengan institusi terkait seprti mempermudah perolehan dana investasi baik dari dalam maupun luar, mengeliminir masalah pemasaran, permodalan, pengambilan keputusan dan manajemen pada umumnya.

Sumber : Exbiss

1 Response to "Inovasi Software untuk UKM"

Yudi said...

Alternatif menjawab pertanyaan diatas adalah kehadiran aplikasi sistem informasi akuntasi yang inovatif, tepat guna, murah tanpa harus mengerti proses detail dari akuntansi.

http://actone.midas-solusi.com/

Followers