Kas (Cash) dan Kes ("Cash")

Kas (Cash) dan Kes ("Cash")

Istilah kes (biasa ditulis "cash")itu sudah sangat sering kita dengar, yang artinya tunai atau dibayar langsung dengan uang. Lawan kata kes ("cash") itu adalah kredit (dibayar kemudian, baik dengan mencicil atau dengan sekaligus).

Berikut adalah percakapan antara calon pembeli dengan sales counter di sebuah showroom mobil : "boss mau kredit atau kes (Cash)?" tanya seorang gadis penjaga showroom. Dengan singkat calon pembeli menjawab dengan pertanyaan juga, "Cash-nya berapa ?". Penjaga showroom dengan sigap menjawab "Cash-nya 150 juta on the road, tapi aku sarankan sih mendingan credit aja boss, dapet subisidi lho, mana dapet suvenir mewah pula". (Entah mengapa pedagang, salesman/girl sering memanggil pelanggannya dengan sebutan boss. Bagi anda yang biasa memakai sebutan ini untuk pelanggan anda mungkin bisa kasi saya alasan kenapa :P).

Begitulah kata kes ("cash") dan kredit ("credit") yang lumrah digunakan oleh masyarakat umum.

Di Accounting, Kas (cash) itu adalah sebutan untuk rekening (account) yang paling lancar (the most liquid asset) di dalam kelompok aktiva (asset).

Dalam penerapan pembukuan (bookkeepping), kas itu sendiri dipecah lagi menjadi beberapa account, dengan berbagai variasi :
Ada yang membaginya menjadi Kas Kecil (Petty Cash) dan Kas Umum (General Cash)
Ada yang membaginya menjadi Kas Kecil (Petty Cash) dan Kas Bank (Checking account)
Ada yang membaginya menjadi Kas Kecil (Petty cash), Bank A, Bank B (A dan B adalah nama bank).

Pemecahan cash account ini dimaksudkan untuk memudahkan pengawasan dan pemeriksaan, sehubungan dengan pendistribusian kas itu sendiri. Biasanya pemecahan rekening kas ini terjadi sampai pada tingkatan buku besar (General Ledger) saja, sedangkan di Neraca (balance sheet) biasanya dijadikan satu saja yaitu Kas (Cash). Hal ini dilakukan agar laporan menjadi sederhana dan mudah dipahami oleh pengguna umum yang tidak terbiasa dengan accounting.

Istilah Cash term dan credit term juga dikenal di accounting.

Lalu, apa hubungan antara Cash (account) dengan "kes" (Cash=tunai) ?. Tentu saja sangat erat hubungannya :
Cash payment adalah pembayaran yang bersumber dari kas (Cash Account), yang artinya atas transaksi pembayaran yang berbasis Cash Payment akan mempengaruhi Rekening Kas (Cash Account).

Masuk Akal ?

Sumber : Mas Putra

0 Response to "Kas (Cash) dan Kes ("Cash")"

Followers