Workshop "One Day With Zahir Accounting"

Pendahuluan

Kami menyadari bahwa Sumber Daya Manusia yang berkualitas tinggi dan profesional mutlak menjadi kebutuhan setiap bangsa, khususnya dalam menghadapi abad ke-21. Kekuatan arus globalisasi dewasa ini secara tidak langsung akan menggiring kita para pelaku pembangunan kepada situasi dan kondisi yang sangat kompetitif. Program pengembangan Sumber Daya Manusia yang berorientasi kepada profesionalisme kerja adalah salah satu alternatif pemecah masalah termasuk program peningkatan pengetahuan keterampilan komputer, karena hal ini telah terbukti menjadi salah satu kunci keberhasilan bidang usaha atau pendidikan.

Perkembangan dan kemajuan dalam bidang Teknologi dan Informasi pada era globalisasi saat sekarang ini membuat adanya pergeseran sistem kerja dari sistem manual (konvensional) ke sistem yang komputerisasi (otomatis). Dalam bidang akuntansi sendiri, perkembangan Teknologi dan Informasi tersebut menyebabkan banyaknya software-software akuntansi yang dibuat guna memudahkan perusahaan-perusahaan dalam melakukan proses akuntansi seperti Peachtree Accounting, MYOB Accounting, Zahir Accounting, dan lain sebagainya. Dengan adanya software-software akuntansi tersebut, peningkatan efisiensi kinerja dapat tercapai dikarenakan sistemnya telah memiliki tingkat akurasi yang tinggi serta memiliki kecepatan dalam hal pengolahan data. Hal ini akan sulit tercapai jika proses pengerjaan masih dilakukan secara manual (konvensional).

Mahasiswa/i sebagai calon generasi penerus bangsa mesti dipersiapkan sejak saat sekarang ini guna menghadapi semua perubahan sistem yang diakibatkan oleh perkembangan Teknologi dan Informasi. Pelatihan dalam penggunaan software-software akuntansi seperti Zahir Accounting merupakan nilai tambah bagi mereka guna menambah keterampilan dan keahlian sebagai bekal dalam menghadapi dunia kerja yang pada umumnya telah menerapkan sistem akuntansi secara komputerisasi.

Atas dasar itulah kami dari MAS - Training and Education Centre bekerjasama dengan PT. Zahir International ingin membantu dan bekerjasama dengan pihak-pihak Universitas yang ada di Kalimantan Barat dalam membekali mahasiswa/i nya dengan keterampilan dan keahlian dibidang komputer akuntansi khususnya Zahir Accounting v5.1

Dengan sistem pengajaran yang simpel dan edukatif disertai dengan tenaga-tenaga pengajar yang berpengalaman, MAS - Training and Education Centre siap mendidik para peserta pelatihan hingga pada saatnya nanti mereka mampu menguasai program akuntansi Zahir Accounting v5.1 dengan baik dan benar. Program pelatihan ini akan sangat menguntungkan dan banyak membantu peserta pelatihan dalam menjalankan aktifitas sehari-hari dengan tujuan menciptakan skill, perolehan sertifikasi, dan penguasaan materi.

Nama Kegiatan

Kegiatan ini merupakan salah satu wujud kepedulian kami terhadap perkembangan kualitas Mahasiswa/i sebagai calon generasi penerus bangsa. Dengan terjalinnya kerjasama antara MAS - Education and Training Centre dan PT. Zahir International, maka dengan ini kami membuat suatu kegiatan yang dirangkum dalam satu kesatuan dalam bentuk workshop dimana kegiatan tersebut bertemakan : “One Day With Zahir Accounting”.

Tujuan Kegiatan

Adapun tujuan dan manfaat dari pelatihan yang kami berikan antara lain :
A. Memberikan pemahaman mengenai siklus dan alur proses akuntansi mulai dari tahap transaksi hingga ke tahap pelaporan keuangan serta bagaimana penerapannya didalam suatu sistem.
B. Memberikan keterampilan dalam bidang penguasaan teknologi dan informasi khususnya dalam bidang akuntansi.
C. Memberikan keterampilan dalam melakukan implementasi program, membaca alur sistem, membaca laporan keuangan serta melakukan analisa terhadap masing-masing laporan keuangan tersebut.
D. Memberikan gambaran kepada mahasiswa/i mengenai sejauh mana perkembangan ilmu akuntansi yang terjadi pada saat sekarang ini.
Adapun program akuntansi yang akan kami gunakan dalam kegiatan pelatihan yaitu Zahir Accounting 5.1 versi Demo.

Sasaran Kegiatan

Kegiatan ini ditujukan bagi semua Mahasiswa/i jurusan Akuntansi dari tiap-tiap Universitas yang ada di Kalimantan Barat dimana pada angkatan pertama ini jumlah peserta yang akan mengikuti workshop adalah 20 peserta.

Jadwal Kegiatan

Kegiatan workshop akan dilaksanakan full selama 1 hari. Dalam pelaksanaan kegiatan ini diatur jadwal sedemikian rupa dengan memperhatikan kemampuan tiap-tiap peserta sehingga pada akhirnya semua peserta bisa menerapkan sistem akuntansi tersebut dimana dia bekerja.

Rincian Kegiatan

Workshop dilaksanakan full selama 1 hari dan terdiri atas 2 (dua) sesi pelatihan, yaitu :
- Sesi Pertama ; Peserta akan diberikan pelatihan melakukan instalasi dan setting awal perusahaan ke dalam program akuntansi yang akan digunakan yaitu Zahir Accounting v5.1 Demo.
- Sesi Kedua ; Peserta akan diberikan soal kasus yang akan dibahas secara bersama-sama dengan instrukturnya dimana untuk sesi pertama ini, materi yang akan diberikan mengenai implementasi proses transaksi yang terjadi sehari-hari kedalam Zahir Accounting. Materi dilanjutkan dengan membuat laporan keuangan dan melakukan analisa terhadap laporan keuangan perusahaan yang ada.

Gambaran Umum Materi

Materi yang akan diberikan pada saat workshop, yaitu :
- Implementasi Sistem Akuntansi Manual ke Sistem Akuntansi Komputer menggunakan program akuntansi Zahir Accounting versi 5.1 Demo
- Contoh Kasus Akuntansi Komputerisasi pada Usaha Bidang Perdagangan
- Latihan Mengerjakan Kasus Akuntansi Komputerisasi pada Usaha Bidang Perdagangan.

Fasilitas Peserta

Adapun fasilitas yang diberikan kepada peserta workshop antara lain :
- 1 Unit Komputer Per Peserta
- Konsumsi berupa Makan Siang
- Workshop dan Seminar Kit
- CD Demo Zahir Accounting v5.1
- Sertifikat Keikutsertaan
- Foto bersama antara sesama peserta dan panitia

Contact Person :
Dwi Wahyudi, SE
HP. 08565030366
Email : accountingcommunity@gmail.com

0 Response to "Workshop "One Day With Zahir Accounting""

Followers