My Family Accounting - Solusi Mengatur Keuangan Rumah Tangga Anda

Jangan pernah bermimpi menjadi kaya jika tidak bisa mengatur keuangan. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui cara mengatur keuangan. 
 

 
Dengan MyFamily Accounting buatan Metasoft Technologies, Anda dapat merencanakan keuangan agar bisa disesuaikan dengan pendapatan yang diperoleh setiap bulannya. Langkah awal yang harus dilakukan pengguna program ini adalah mendaftarkan semua informasi keuangan dengan cara mendata semua harta yang Anda miliki. Harta dalam program ini dikategorikan menjadi dua jenis, yaitu "Harta Lancar" dan "Harta Tetap". Selanjutnya, program akan mendata jumlah pendapatan yang Anda peroleh setiap bulan, lalu mendata biaya yang harus dikeluarkan. Jangan lupa untuk mendata juga utang Anda. Utang akan dikategorikan menjadi utang jangka pendek dan jangka panjang. Jika Anda memiliki usaha dalam keluarga, jangan lewatkan untuk mendata modal yang Anda miliki.
 
Untuk mengisi data-data keuangan Anda, program ini sudah menyediakan template. Anda hanya melakukan perubahan yang bisa disesuaikan dengan keinginan Anda sendiri. Karena informasi ini merupakan bagian inti dalam menghitung atau mengatur keuangan Anda, Anda harus mengerjakannya secara teliti. Informasi yang Anda masukkan, nantinya akan menentukan proses akuntansi berjalan untuk kebutuhan Anggaran Pendapatan dan Belanja Keluarga [APBK], transaksi keuangan, laporan keuangan, dan analisis keuangan. 
 
Program ini juga menyediakan kemampuan setting untuk utang awal. Tujuannya, tidak lain untuk mendata utang yang Anda miliki pada saat itu. Selain itu, setting ini berguna untuk mengingatkan Anda akan tanggal jatuh tempo pembayaran utang, baik utang jangka pendek atau panjang. Begitu juga dengan setting piutang awal. Setting ini dapat mendata siapa saja yang meminjam uang kepada Anda. Jadi, Anda tidak akan lupa kapan teman atau relasi untuk mengembalikan pinjaman uangnya.
 
Apabila semua sudah selesai, Anda dapat melanjutkannya untuk mendata anggaran pendapatan [APBK] yang sudah dibuat sesuai dengan informasi yang ada, seperti gaji, bonus, THR, hasil dari investasi, dan pendapatan khusus yang berjalan berdasarkan periode bulan. Bonus, THR, dan hasil investasi, nilainya disesuaikan dengan bulan perolehan. Setelah menuangkan perolehan pendapatan setiap bulan, Anda dapat segera beralih ke bagian belanja keluarga. Bagian ini dapat menerjemahkan biaya yang harus dikeluarkan setiap bulannya untuk keperluan hidup Anda dan sekeluarga. Sedetail apa rancangannya, semuanya tergantung pada saat Anda membuat informasi "Akun". 
 
Untuk template, program ini menyediakan jenis template lumayan lengkap. Untuk bagian rumah tangga saja misalnya. Pengguna bisa menemukan item-item keuangan secara detail, seperti alokasi biaya belanja dapur, rencana makan di luar, listrik, gas elpiji, PAM, kesehatan, telekomunikasi, multimedia, sewa rumah atau perawatan rumah, iuran, hingga arisan. Semua item tersebut sudah mewakili informasi untuk melakukan proses akuntansi Anda. Hanya saja, Anda perlu menyesuaikan item-itemnya tersebut di bagian "Akun".
 
Semua data yang dimasukkan ke APBK, secara bersamaan akan ditampilkan berupa grafik APBK yang terbagi dalam tiga batang diagram. Diagram batang pertama menerjemahkan grafik pendapatan. Diagram kedua menerjemahkan data belanja atau pengeluaran. Terakhir, diagram ketiga merupakan grafik surplus yang berupa rumusan dari pendapatan dikurangi pengeluaran.
Dengan program ini, Anda tidak perlu repot mempelajari ilmu akuntansi atau pembukuan secara detail karena semua yang ada dalam program ini sudah jelas. Yang Anda perlukan hanya rajin melakukan input data untuk kelancaran proses akuntansi.
 

 
Kesimpulan: Program yang bisa membuat Anda menjadi akuntan profesional karena kemudahan pengoperasian dan informasi menu-menu di dalamnya yang sudah jelas menerangkan fungsi utamanya.
 
Sumber : www.chip.co.id


1 Response to "My Family Accounting - Solusi Mengatur Keuangan Rumah Tangga Anda"

lia said...

mas...jempol! ;)

tpi downloadnya gimana ya?
boleh minta tolong kirimkan ke emailku aja kah?
format excel 2003 mas, ke wibbychub@gmail.com..

Makasih yaa.. ^_^

Followers