Tips Memilih Software Akuntansi

Bingung memilih accounting software/system? Pernah kecewa terhadap software/system accounting tertentu? Bagaimana memilih accounting software/system yang tepat untuk perusahaan anda? Memilih accounting software yang tepat seperti meng-hire seorang senior credit analyst sekaligus bookkeeper. Tidak mudah memang. Begitu banyak accounting software yang beredar. Semuanya menyatakan dirinya memiliki feature lengkap, user-friendly, bugs-free, multi-user, compatible dengan ini dan itu, menawarkan kemudahan-kemudahan. Didukung dengan penampilan yang artistic, clean dan professional. Bagaimana anda yakin bahwa itu semua benar? bagaimana kita bisa tahu itu benar atau provokasi dagang semata? dimana anda bisa mendapatkan informasi yang benar, jujur apa adanya?

Apakah yang anda inginkan hanya sekedar accounting software yang bisa menjurnal, membuat buku besar, membuat laporan keuangan, disertai laporan pajak saja? atau sebuah system flexible yang mampu menghasilkan variasi laporan untuk keperluan business analysis, bisa memndorong produktifitas dan pemangkasan biaya?

Ada kesalahan lazim yang sadar atau tidak kita lakukan dalam menilai dan memilih suatu software, terlebih lebih accounting software, diantaranya:

1. Asal cepat dan jadi.
2. Terpesona oleh penampilan
3. Asal murah

Ada satu kesalahan persepsi umum yang sangat mendasar dalam mempersepsikan accounting software dan tools pada umumnya: Kita menyerahkan segala sesuatunya kepada accountig software, bahkan kita di lead (di dikte dan diatur) oleh software. Kita pikir software dan artifical intelligent bisa menggantikan fungsi manusia.....

Membeli Software Akuntansi pada dasarnya berbeda dengan membeli produk barang jadi Cth : HP. karena kebutuhan terhadap sistem tidak dapat langsung diketahui hanya dengan mengetahui fitur-fitur software tersebut secara umum.

Kadang kita dapat menemukan pelanggan yang kecewa karena sudah membeli software akuntansi disebabkan karena mereka kurang melakukan analisa kemampuan software terhadap kebutuhan mereka.

Oleh karena itu tips terbaik untuk memilih software adalah dengan mengundang konsultan software tersebut datang ke tempat anda. Tujuannya adalah :

5 Tujuan Bagi Konsultan Software :
1. Dapat menganalisa kebutuhan prospek secara details.
2. Dapat menjelaskan fitur - fitur yang dapat membantu kebutuhan prospek.
3. Dapat menjelaskan cara kerja software untuk ruang lingkup usaha prospek.
4. Dapat memberikan penawaran yang sesuai dengan kebutuhan prospek.
5. Dapat memberikan informasi tips dan trick software yang dapat membantu prospek.

5 Tujuan Bagi Calon Customer/ Prospek :
1. Dapat mengukur tingkat manfaat software tersebut.
2. Dapat menilai tingkat kemudahan dalam penggunaan software tersebut.
3. Dapat membandingkan secara langsung report standar perusahaan dengan report penyajian software.
4. Dapat mengetahui lebih details tentang sistem informasi yang handal, cepat dan aman.
5. Dapat menyesuaikan sistem akuntansi yang sudah berjalan di perusahaan dengan standar sistem akuntansi yang terdapat di software tersebut.

Sumber : Mas Putra

1 Response to "Tips Memilih Software Akuntansi"

Anonymous said...

kok ga ngasih solusi & tips ya?...
cuma curhat aja...????

Followers